LP2M UNM Ajak Masyarakat Olah Singkong dengan Teknologi. (Foto: Ist).
LP2M UNM Ajak Masyarakat Olah Singkong dengan Teknologi. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM-COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat pada di Desa Sokkolia, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Senin (2/8).

Kegiatan ini mengangkat tema “Rintisan Usaha Kripik Melalui Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna” didanai oleh LP2M UNM yang terdiri dari 3 tim Dosen Fisika FMIPA UNM.

Nurhayati, salah satu peserta mengatakan warga sangat antusias dengan kegiatan ini, karena kegiatan ini mengenalkan warga bagaiamana memanfaatkan teknologi dan meninggalkan cara yang manual sehingga proses pembuatan produk menjadi lebih cepat.

“Masyarakat sangat menerima dengan baik dan antusias dengan adanya program pengabdian tersebut, yang semula mereka mengolah produk singkong secara manual kemudian diajarkan untuk menggunakan teknologi sehingga proses pembuatan produk menjadi lebih cepat,” ujarnya.

Lanjut, salah satu alasan digelarnya kegiatan ini karena melihat kondisi warga Sokkolia yang gemar dan pekerjaannya adalah berkebun singkong tetapi singkong yang dihasilkan belum layak dipasarkan sehingga tim berinisiatif mengajarkan pengolahan singkong yang memiliki kualitas dan daya jual yang layak serta berkualitas dengan memanfaatkan teknologi.

“Latar belakang dari kegiatan ini, tim melihat sebagian besar pekerjaan warga Sokkolia adalah berkebun singkong, namun singkong tersebut belum menjadi produk yang layak dipasarkan sehingga tim berinisiatif mengajarkan cara membuat produk kripik singkong yang berdaya jual bagus dan berkualitas menggunakan teknologi tepat guna,” katanya. (*)

*Reporter: Muh. Ilham Raihan