Diktiristek-LPDP Program Riset Keilmuan sebagai Program Baru MBKMDiktiristek-LPDP Resmi Luncurkan Program Riset Keilmuan sebagai Program Baru MBKM. (Foto: Int).
Diktiristek-LPDP Program Riset Keilmuan sebagai Program Baru MBKMDiktiristek-LPDP Resmi Luncurkan Program Riset Keilmuan sebagai Program Baru MBKM. (Foto: Int).

PROFESI-UNM.COM – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), meluncurkan program “Riset Keilmuan Perguruan Tinggi Akademik” sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Via Zoom Meeting dan ditayangkan langsung di youtube Ditjen Dikti, pada Selasa (3/8).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Nizam mengungkapkan Program Riset Keilmuan ini merupakan program hibah riset untuk mengakselerasi pelaksanaan program MBKM.

“Jadi ini memang utamanya adalah kegiatan untuk mendukung kegiatan kampus merdeka, berkolaborasi dengan LPDP untuk ke arah pengalokasian dana hibahnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nizam menjelaskan Program ini merupakan pemberian eksperimen untuk pegawai negeri dengan melibatkan mahasiswa dalam aktivitas risetnya guna mendukung MBKM, sementara itu strategi ini terdiri dari beberapa struktur.

“Program ini terdiri dari empat skema, yaitu Hibah Riset Mandiri yang dilakukan oleh dosen sesuai kompetensi dan kepakaran bidang keilmuan dosen, Hibah Riset Kewirasusahaan yang berkaitan dengan suatu kegiatan kewirausahaan, Hibah Riset Desa terkait dengan suatu program bagi pengembangan kemajuan desa, dan Hibah Riset Kemanusiaan yang hasilnya dapat diterapkan bagi penanganan bencana,” jelasnya.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi Kemendikbud sebagai berikut:
https://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/risetkeilmuan, dibuka mulai pada tanggal 3 hingga 15 Agustus mendatang. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar/ Editor: Sumaya Nursyahidah