Rektor UNM, Husain Syam di Dies Natalis ke- 60 tahun, Senin (2/8). Foto: Ahmad Husen-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mencatatkan namanya di kancah nasional. Kampus orange ini menjadi perguruan tinggi (PT) yang paling banyak meloloskan mahasiswanya dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2, Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudr Ristek) tahun 2021.

Capaian ini menjadi kado manis untuk perayaan dies natalis UNM yang ke-60 tahun. UNM berada dalam puncak pemeringkatan setelah mengalahkan beberapa universitas terbaik di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Hasnawi Haris membeberkan kunci sukses eks Oemar Bakrie ini dalam program MBKM. Menurutnya, hal tersebut tak lepas dari arahan Rektor UNM, Husain Syam, dalam mensosialisasikan hal ini sampai ke tingkat jurusan. Kompetensi mahasiswa serta tim dosen juga menjadi penunjang keberhasilan UNM

“Pendaftar program MBKM yaitu sebanyak 1812 mahasiswa dan sebanyak 1022 mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen kita punya kemampuan dan kreativitas untuk hal ini,” bebernya.

Pencapaian prestasi ini pun disambut baik Rektor UNM, Husain Syam. Husain juga berpesan, mereka yang lolos dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengalaman dan kualitas diri pribadi mahasiswanya.

“Mereka, mahasiswa yang lolos akan banyak mendapatkan fasilitas dari program MBKM ini. Selain menjadi tempat pengembangan kualitas diri, mereka akan mendapatkan fasilitas lain, misalnya, rekognisi 20 SKS, uang saku 1.2 juta per bulan, subsidi UKT 2.4 juta,” ujarnya. (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid