Ketua Umum DPP IKA Alumni UNM, Nurdin Halid saat memberikan orasi ilmiah di Dies Natalis ke-60 tahun UNM, Senin (2/8).

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Dies Natalis yang ke-60 tahun. Acara berlangsung secara blended di Gedung Teater Menara Pinisi dan live streaming di Youtube UNM, Senin (2/8).

Tema yang diusung dalam momentum Dies Natalis kali ini adalah “Transformasi Pendidikan Berkualitas Berbasis Enterpreneurship di Era Merdeka Belajar – Kampus Merdeka”.

Dies Natalis ini dihadiri Menteri BUMN RI, Eric Tohir, Pelaksana tugas (Plt.) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) Wilayah IX, Jasruddin dan para pimpinan perguruan tinggi dan pimpinan fakultas.

Ketua Umum DPP IKA Alumni UNM, Nurdin Halid juga turut memberikan orasi ilmiah.

Rektor UNM, Husain Syam dalam sambutannya mengatakan tema ini diangkat untuk membangkitkan semangat lembaga pendidikan untuk menghadapi penyesuaian diri dengan adaptasi yang tinggi.

“Tema ini mengandung semangat untuk dijadikan orientasi kerja terutama saat bangsa Indonesia, lembaga pendidikan menghadapi era baru dimana proses penyesuaian diri dan menuntut adaptasi tinggi,” ujar Husain Syam dalam sambutannya.

Dies Natalis ke 60 tahun ini menjadi peringatan penting bagi UNM sebagai kampus terbaik dan lulus terbanyak pada seleksi CPNS 2019 berdasarkan data dari BKN RI.

“Salah satu bukti kebanggaan alumni pemegang ijazah UNM adalah ditetapkannya UNM sebagai terbaik ke delapan atau pertama diluar pulau Jawa sebagai universitas asal pelamar yang paling banyak lulus dalam seleksi CPNS 2019,” ungkapnya.

Mantan Dekan FT dua periode ini juga mengatakan UNM mempersiapkan diri untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi bertaraf internasional.

“Secara institusi, UNM telah membuka jalan untuk meningkatkan taraf kelembagaan menjadi Word Class University melalui akreditasi internasional, dipersiapkan 6 prodi untuk memperoleh akreditasi ASEAN University Network Quality (AUN-QA) dan 12 prodi untuk akreditasi ASIIN dari Jerman,” ungkapnya.

UNM akan terus mengembangkan kelembagaan untuk tetap jaya dalam tantangan sebagai wujud komitmen UNM penguatan kelembagaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Lembaga Badan Pengelola Business Development Center, Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan dan Lembaga Sertifikasi Profesi dan sejumlah prestasi lainnya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang