Pemaparan Materi Oleh Anis Abdurrahman (Foto: Ainun Nurdzizati-Profesi)
Pemaparan Materi Oleh Anis Abdurrahman (Foto: Ainun Nurdzizati-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Study Club Maipa Muslim (SCMM) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan pembukaan kelas tahsin pada Via Zoom Meeting, Minggu (1/8).

Pemateri, Anis Abdurrahman menjelaskan pelatihan tahsin sangat penting untuk mempelajari Al-Quran untuk menghindari kesalahan arti dalam membaca Al-Quran serta memperbaiki penyebutan huruf.

“Bacalah Al-Quran dengan tartil, membaca Al-Quran haruslah memenuhi hak-hak huruf. Fungsi tahsin agar menjaga lidah kita dari kesalahan arti dalam pembacaan Al-Quran,” jelasnya.

Ketua Umum SCMM FMIPA UNM, Fairuz Erlangga Nadwi, mengatakan kegiatan ini akan dillakukan hingga Februari 2022 mendatang, selaras dengan kegiatan sebelumnya yang diadakan pada Agustus 2021 hingga Februari 2021.

“InsyaaAllah, kalau istiqomah kegiatannya dilaksanakan sampai bulan februari 2022. Alhamdulillah periode lalu SCMM juga sukses menjalankan kegiatan ini dari Agustus 2020 sampai Februari 2021,” katanya.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa mahasiswa yang ikut pada kegiatan ini terbuka untuk setiap mahasiswa yang ingin belajar Al-Qur’an.

“Tidak ada batasan semester pesertanya, tidak ada batasan, jadi bagi yang serius mau mempelajari tajwid dan memperbaiki bacaan Qur’annya maka silahkan ikut kegiatan ini,” tambahnya.

Terakhir, Ia berharap kegiatan ini mampu membantu mahasiswa untuk membenahi bacaan Al-Qurannya, agar nantinya tidak akan ada lagi kesalahan pada hukum-hukum tajwid.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, bisa membantu para mahasiswa agar mampu memperbaiki bacaan Al-Qur’annya sehingga tidak ada lagi ikhwah yang tidak mengetahui hukum-hukum tajwid. Untuk kedepannya, para ikhwan akan menjadi imam, minimal imam dirumah tangganya masing-masing,” harapnya. (*)

*Reporter: Ainun Nurdzizati/ Editor: Sumaya Nursyahidah