LPM Penalaran Saat Melakukan Seminar Proposal dan Seminar Hasil Secara Daring. (Foto: Ist).
LPM Penalaran Saat Melakukan Seminar Proposal dan Seminar Hasil Secara Daring. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat seminar proposal dan seminar hasil penelitian lembaga yang dilakukan secara daring/ Viaa Zoom Meeting pada sabtu, (31/7).

Sebelumnya pelakasanaan seminar hasil secara online telah dilaksanakan sejak pandemi Covid-19 berlangsung, proses pelaksanaanya pun sudah berjalan dengan baik.

Lanjut, Kegiatan ini laksanakan oleh lima tim peneliti yang berasal dari skim Teknologi Pendidikan dan Sosial Budaya, setiap tim diberikan waktu untuk memperesentasikan proposal yang telah di buat dan selanjutnya akan di tanggapi oleh peserta yang mengikuti kegiatan seminar proposal ini.

Ketua Devisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Marianna Renata mengatakan seminar ini sering dilakukan pada masa pandemi dan tetap produktifitas dalam melakakan investigasi.

“Seminar hasil dan seminar proposal ini bukan pertama kalinya diadakan ditengah pendemi ini bisa tetap produktif dengan kegiatan penelitian”, katanya.

Lebih lanjut, Ketua LPM Penaran UNM, Nopri Hidayat berharap dapat hasil lebih unggul dan memberikan banyak keuntungan pada masyarakat serta mewujudkan pendidikan berkualitas pada Universitas.

“Harapannya dari seminar proposal dan seminar hasil ini dapat menghasilkan riset yang berkualitas dan tentunya dapat memberi manfaat pada masyarakat sekaligus sebagai perwujudan tridarma perguruan tinggi”, harapannya

Terakhir, adapun judul penelitian yang diseminarkan yaitu:

  1. Analisis Manajemen Resiko Pembangunan IPAL Kota Makassar
  2. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa MTSN 1 Kota Makassar.
  3. Perancangan Aplikasi Penerjemah Bahasa Indonesia Aksara Lontara Makassar Berbasis Android
  4. Strategi Pembelajaran Praktikum SMK Negeri 5 Makassar Menghadapi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19
  5. Tradisi Adat Kalomba: Kajian Makna Dan Nilai Budaya Pada Masyarakat Desa Bonto Biraeng Kabupaten Bulukumba. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah