Pamflet Olympic Of Statistics. (Foto: Ist).
Pamflet Olympic Of Statistics. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Prodi Studi (HMPS) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fmipa) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar Olympic of Statistic (OLS). Kegiatan ini akan diselenggarakan secara daring dengan Tema “Reaching Society 5.0 with Data Literacy and Statistical Technology” yang akan digelar pada 11 September mendatang, Sabtu (31/7).

Olympic of Statistic ini merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Prodi Statistika yang terdiri dari 3 item utama yaitu Olimpiade Statistika, Infografis, dan Seminar & Workshop. Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini ialah mahasiswa S1 se-Indonesia untuk item Olimpiade Stastitika dan Infografis, sedangkan untuk item Seminar dan Workshop dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Ketua Panitia, M.Hizbul Zainul mengungkapkan tema yang diangkat didasari oleh kemampuan yang dibutuhkan dimasa mendatang yaitu Kognitif, Soft Skill, dan Teknologi. Statisitika sebagai suatu ilmu dapat mencakup skill tersebut terutama dalam Teknologi. Dengan diadakan perlombaan ini maka mahasiswa mempunyai wadah untuk menakar tiga kemampuan tersebut.

“Tercakupnya statistika dalam pemenuhan skill di masa 5.0 dapat dijadikan tolak ukur kemampuan diri maupun pengembangan mental kompetitif dibidang akademik diluar kegiatan perkuliahan,” ungkapnya.

Lebih jelas, Zainul menjelaskan dengan mengikuti perlombaan ini maka mahasiswa akan lebih siap untuk menghadapi perkembangan dunia dengan memberikan solusi terhadap problematika di lingkungan.

“Adanya perlombaan seperti ini, mahasiswa akan dilatih menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi,” jelasnya. (*)

*Reporter: Imam Muhajir Utama/ Editor: Sumaya Nursyahidah