Pemaparan Oleh A. M. Miftah Farid (Foto: Ainun Nurdzizati-Profesi)
Pemaparan Oleh A. M. Miftah Farid (Foto: Ainun Nurdzizati-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (HMPS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar kajian rutin dengan tema English Debat melalui Via Zoom Meeting pada sabtu (31/7).

Pemateri, M. Miftah Farid mengatakan bahwa debat adalah kegiatan yang mampu meningkatkan empat kemampuan utama seperti speaking, writing, reading, dan listening.

“Debat tidak selalu berkonotasi negatif, debat bisa meningkatkan kemampuan speaking, writing, reading, dan listening yang akan sangat bermanfaat bagi kita,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa dalam debat ada istilah-istilah penting yang harus dipahami seperti motion, argument, rebbutal, dan challenge.

“Penting untuk mengetahui istilah dasar dalam debat seperti motion artinya tema debat, argument adalah sudut pandang, rebbutal adalah sanggahan dan challenge adalah konfirmasi mosi dalam debat,” tegasnya.

Selain itu Ainun Rabiah, juga menambahkan bahwa penting bagi setiap debater mengetahui tugasnya pada saat perlombaan.

“Tugas OO (opening government) dan CO (closing government) tentu berbeda, jadi harus paham tugas masing-masing agar perdebatan bisa dimenangkan,” tambahnya.

Nindi, ketua divisi Penalaran Akademik mengungkapkan bahwa ini merupakan program kerja dari divisi yang menjadi tanggung jawabnya.

“Ini merupakan program kerja divisi Penalaran Akademik yang nantinya akan diadakan sebanyak empat kali kajian dengan tema berbeda,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa pemilihan tema ini didasari oleh perlombaan English Competition Space yang akan diadakan Agustus mendatang.

“Kami memilih tema ini dengan harapan dapat menjadi dasar bagi teman-teman yang akan mengikuti cabang lomba debat pada kegiatan English Competition Space yang akan kami adakan pada bulan Agustus,” tambahnya.

*Reporter: Ainun Nurdzizati /Editor: Sumaya Nursyahidah