Endang Aminuddin Azis saat membawakan materi (Foto: Nur Qodriah Syafitri)
Endang Aminuddin Azis saat membawakan materi (Foto: Nur Qodriah Syafitri)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar webinar kebahasaaan nasional salah satunya membahas peluang di era pandemi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bahasa dan sastra Indonesia.

Pemateri Endang Aminuddin Aziz merupakan kepala badan pengembangan dan pembinaan bahasa. Ia menjelaskan bahwa kegiatan belajar berbahasa dapat difasilitasi dengan memilah bahan informasi kemudian membacanya.

“Memilah bahan informasi kemudian kita baca itupun sebetulnya kegiatan belajar berbahasa akan tetap terfasilitasi, sehingga dengan guru bahasa Indonesia akan bisa berinteraksi dan meringankan tugas guru bahasa indonesia,” tuturnya.

Lanjut, Ia mengatakan jangan menganggap adanya pandemi dapat mengurangi keterbatasan dari segi fasilitas sebaliknya, ada banyak peluang yang justru dapat diakses.

“Justru dengan pandemi ini menjadi sangat terbuka ketersediaan bahan-bahan untuk dibaca menjadi sangat besar jumlahnya,” jelasnya.

Kepala badan pengembangan dan pembinaan bahasa ini juga menuturkan kegunaan kompentensi berbahasa adalah bagaimana cara cerdas menggunakan bahasa secara tepat dan pantas.

“Kompetensi berbahasa gunanya bagi saya adalah bagaimana kita secara cerdas menggunakan bahasa itu secara tepat dan pantas,” tutupnya.

*Reporter: Nur Qodriah Syafitri /Editor: Muh Ilham Raihan