Tek Tek Tofu, Tahu Tek Ala Fusion Food Gabungkan Kuliner Western Dan Indonesia. (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Fusion food adalah mengkombinasikan makanan khas daerah yang disajikan dengan gaya barat.

Fusion food berarti menu makanan yang menggabungkan ciri khas dua negara, baik dari segi isi, bahan-bahan maupun cara penyajian atau dapat disebut juga dengan makanan daerah yang modern.

Makanan dengan teknik fusion adalah menghidangkan makanan yang diolah dan disajikan atau ditampilkan dengan menggabungkan cita rasa tradisional dan modern dari budaya yang berbeda untuk menciptakan selera yang berbeda.

Dengan demikian bahwa trend atau gaya makanan yang sedang marak berkembang didunia industri masa kini adalah fusion food dimana makanan diolah dan ditampilkan secara fantastik sehingga makanan bisa dikatakan suatu barang atau benda yang tidak untuk dinikmati oleh indera pengecap tetapi merupakan suatu barang seni yang hanya untuk dinikmati oleh penglihatan saja.

Untuk itu bila dilihat secara keseluruhan, penggolahan dan penyajian makanan mengacu pada prinsip fusion food banyak menekankan pada unsur penataan yang artistik maupun pengkombinasian bahan dan teknik pengolahan yang unik pada saat ini.

Fusion terbagi tiga kategori:
Menggabungkan teknik pengolahan dan penyajia atau tampilan dengan cita rasa dari beberapa daerah yang masih dalam satu budaya.

Menggabungkan teknik pengolahan dan penyajian tampilan dengan mengambil hidangan tradisional dari satu wilayah budaya atau etnis
tertentu kemudian dikombinasikan dengan bahan, rempah, cita rasa dari
etnis yang lain untuk membuat masakan baru (antara negara).

Menggabungkan teknik pengolahan dan penyajian atau tampilan dengan
mengambil teknik dasar dari pembuatan sebuah hidangan dan menggantikan semua bahannya sehingga benar-benar menjadi masakan yang sama sekali berbeda (menciptakan masakan baru).

Perkembangan Fusion:
Dalam perjalanannya fusion pada penyajian mengalami perkembangan pada tahun 2004 makanan dihidangkan menyerupai tingkatan seperti bambu runcing.

Penyajian teknik fusion tahun 2009 cara meletakkan saus dituang lalu ditarik bagian tengahnya sehingga terlihat abstrak dan artistik.

Dengan adanya penyajian dengan teknik fusion tahun 2009 sampai saat ini peletakkan saus dituang lalu ditarik bagian tengahnya, saus diletakkan dalam gelas kecil dan wadah bentuk lain yang bentuk kecil dan hidangan disajikan dengan teknik three dish yaitu hidangan ditata dalam satu plate dengan posisi sejajar.

Adapun saus trend saat ini adalah saus gogo yaitu saus ditambah gelatine lalu dikocok sampai berbusa.

Tulisan ini dikutip dari buku yang berjudul “Guru Pembelajar Modul Paket Keahlian Patiseri Sekolah Menengah Kejuruan” yang ditulis oleh Evy Fardiah, dkk yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bisnis dan Pariwisata Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016. (*)

*Reporter: Nur Azisa