Suasana pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) LP2M UNM oleh Dosen PKK. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM

Program ini mengangkat judul: PKM Perawatan Wajah bagi Ibu-ibu Rumah Tangga Di Desa Belabori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Kegiatan pengabdian dilakukan di salah satu rumah Kader Desa, Ibu Saturia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat pada Minggu, 11 Juli 2021 lalu.

Tim pelaksana kegiatan PKM terdiri dari tiga Dosen dan dua mahasiswa PKK FT UNM. Rosmiaty selaku Ketua Tim bersama dengan Izmi Burhanuddin dan Nurhijrah. Kegiatan berupa pelatihan dan pendampingan terkait bagaimana melakukan perawatan wajah yang baik dan benar berupa facial dan make-Up.

Adapun yang menjadi luaran PKM ini, yakni Ibu-ibu peserta kegiatan memiliki pengetahuan tentang perawatan wajah, mengetahui alat dan bahan yang digunakan dan menjadi terampil dalam melakukan perawatan wajah secara mandiri.

Tim pengabdi menuturkan bahwa keterampilan perawatan wajah haruslah dimiliki ibu-ibu rumah tangga, selain untuk keharmonisan rumah tangga juga ketika hendak menghadiri acara hajatan tidaklah harus antri di salon.

“Jika Ibu-ibu terampil dalam melakukan perawatan wajah maupun make up, maka semuanya itu bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentunya tidak harus mengeluarkan anggaran lagi untuk hal ini”, tutur Rosmiaty Ketua Tim pelaksana PKM, Sabtu (31/7).

Kegiatan ini disaksikan oleh pemerintah setempat termasuk Kepala Desa Belabori, Abdul Kadir menyambut baik kegiatan pengabdian ini dan berterima kasih kepada Tim PKM LP2M UNM.

“Kami bersyukur desa kami menjadi tempat kegiatan pengabdian, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga dan berharap kegiatan tidak berhenti hanya saat ini, kami siap bekerjasama untuk kegiatan-kegiatan pengabdian berikutnya”. tuturnya.

Peserta pelatihan begitu antusias mengikuti kegiatan, karena Tim PKM juga telah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam perawatan wajah.

“Dengan bimbingan tim PKM dari dosen dan mahasiswa PKK FT UNM, peserta secara langsung melakukan praktik dan dapat melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah”, tambah Rosmiaty. (*)

*Reporter: Nur Azisa