Sosialisasi Program Kerja Bakti Sosial. Desa Bontotangnga, Uluere, Bantaeng. Jumat (30/7). (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Makassar (FIP-UNM) gelar bakti sosial dengan tema “Menjalin Kebersamaan Dalam Berbakti dan Memberi Edukasi dengan Penuh Untuk Masyarakat” di Desa Bontotangnga, Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (31/7).

Kegiatan Bakti Sosial ini dilakukan sebagai bentuk implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi berwujud pengabdian dengan edukasi isu-isu kaum disabilitas.

Acara ini bertujuan untuk membantu pendidikan dan menghilangkan diskriminasi kaum disabilitas di lingkungan masyarakat dan berlangsung selama 10 hari, sejak 30 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang dengan diikuti sebanyak 30 mahasiswa Pendidikan Khusus.

Adapun agenda yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu Seminar Program Kerja, Seminar kePKh-an, Mengajar di Sekolah dan di Posko, Pelatihan Bahasa Isyarat, Pengajaran Bahasa Inggris, Perlombaan, Ramah Tamah, dan Pengadaan Lapak Baca.

Muhammad Syarif, Ketua Umum mengatakan telah melakukan seminar program kerja di hari pertama. Adapun kendala yang dihadapi seperti hambatan komunikasi antar budaya di lingkungan masyarakat.

“Di hari pertama kami sosialisasi seminar program kerja namun kurangnya pengetahuan bahasa daerah dari mahasiswa menjadi kendala”, tuturnya.

Lebih lanjut, Syarif berharap melalui kegiatan ini pendidikan di Desa Bontotangnga dapat mengalami perubahan sehingga kaum disabilitas mendapatkan pendidikan yang baik, serta edukasi isu-isu terkait kaum disabilitas berhasil sehingga tidak ada lagi diskriminasi.

“Semoga membawa perubahan dalam pendidikan di desa ini dan teman-teman disabilitas mampu mengenyam pendidikan dengan fasilitas yang baik juga tidak ada diskriminatif dari masyarakat”, harapnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati/Editor: Agatoni Buttang