Pemaparan materi oleh M.Yunashri Ridhoh. (Foto: Imam Muhajir Utama-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menggelar diskusi publik dengan Tema “Kebebasan Akademik dan Mimbar Akademik Di Persimpangan” kegiatan ini dilaksanakan via Google Meet, Jumat (30/7).

Pemateri, M.Yunasri Ridhoh menegaskan bahwa bermimbar akademik merupakan komponen Perguruan Tinggi yang sangat esensial. Hal ini dikarenakan bermimbar menjadi suatu penanda bahwa seseorang betul-betul terdidik.

“Mimbar akademik ialah ruh dari perguruan tinggi. Tanpa kebebasan bermimbar, maka kampus tidak lebih sebagai markas orang-orang yang sekedar mencari ijazah,” tegasanya.

Mantan Ketua Umum Maperwa ini juga menjelaskan unsur sivitas akademik dalam bermimbar selalu terhubung ke beragam komponen masyarakat. Sivitas ini dipercaya sebagai agen perubahan akan berbagai permasalahan yang terjadi dimasyarakat.

“Sivitas akademika membentuk berbagai unsur dimasyarakat, karena disini ialah tempat terhimpunnya akal dan hati nurani masyarakat,” jelasnya.

Terakhir, Yunasri juga menambahkan sivitas akademika sebagai unsur pembentuk dalam masyarakat semestinya yang memegang kendali, bukan malah dikendalikan oleh berbagai komponen lain.

“Seharusnya sivitas akademik inilah yang mempengaruhi bukan malah dia yang diintervensi berbagai pihak,” tambahnya. (*)

*Reporter: Imam Muhajir Utama/ Editor: Sumaya Nursyahidah