PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan Aplikasi Studi Mahasiswa (ASM) di Desa Tomatto, Kecamatan Ujung Loe, Bulukumba. Rabu (28/7).

Mengangkat tema “Mewujudkan Masyarakat yang Produktif, Edukatif, Kolaboratif, dan Adaftif Melalui Aksi Nyata Fisika di Masa New Normal” kegiatan ini bertujuan sebagai wadah dalam mengimplementasikan salah satu tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki.

Kegiatan yang diikuti 30 mahasiswa ini dilaksanakan selama 6 hari yang berlangsung sejak 26 hingga 31 Juli mendatang. Adapun agenda kegiatan yang dilakukan yakni, Workshop Telaah Kurikulum, Praktikum SMA, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Pelatihan Komputer, Sekolah Alam, Kultum Ba’da Magrib, Pentas Seni, Lomba Tradisonal, dan Kerja Bakti.

Ketua Panitia, Irsan Abdul Azis mengatakan kegiatan tersebut berjalan lancar, adapun kendala yang dialami sejak berlangsungnya kegiatan ini tidak banyak dan dapat diatasi dengan baik.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, adapun kendala yang ada namun masih bisa diatasi dengan kerja sama kepanitian memberikan solusi,” pungkasnya.

Ketua Umum, Syahrul Ramadhan mengatakan adanya kendala yang dihadapi seperti pengurusan administrasi.

“Untuk kendala sejauh ini seperti ada beberapa administrasi yang harus diurus ke Makassar sedangkan panitia sudah ada di lokasi beberapa kegiatan yang tidak tepat waktu untuk dilaksanakan,”

Syahrul berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dan berguna untuk masyarakat. Meningkatkan produktivitas masyarakat dengan ilmu baru sehingga dapat berkolaborasi serta menciptakan keharmonisan dengan masyarakat setempat.

“Harapan saya dalam kegiatan ini semoga berjalan sesuai perencanaan dan ilmu yang diberikan dapat tersampaikan, diterapkan dan berguna bagi masyarakat setempat,” harapnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati/ Editor: Agatoni Buttang