Pamflet selamat atas pencapaian Tim Wira Desa HIMATIK FT UNM. (Foto: Ist)
Pamflet selamat atas pencapaian Tim Wira Desa HIMATIK FT UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (HIMATIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar(UNM) berhasil Lolos dalam Program Wira Desa Tahun 2021.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (HIMATIK FT UNM) merupakan salah satu himpunan yang ada di UNM dan ikut serta dalam pengiriman Proposal Program Wira Desa Tahun 2021.

Mengangkat judul “Inovasi Usaha Gula Merah berbasis IT di Desa Pataro Kec. Herlang Kab. Bulukumba” berhasil membawa HIMATIK FT UNM menjadi satu-satunya proposal yang lolos di UNM pada Program Wira Desa Tahun 2021.

Program Wira Desa merupakan salah satu program Kemendikbud yang ditujukan kepada Perguruan Tinggi untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan kegiatan-kegiatan wirausaha yang ada di desa, baik usaha kelompok dan atau usaha individu, usaha lama dan atau usaha baru yang berpotensi menjadi penggerak perekonomian desa dan menjadi salah satu keunggulan desa (brand desa).

Jusniar salah satu Mahasiswi Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Prodi PTIK, Ia beserta 9 rekan lainnya berhasil lolos Proposal Wira Desa Tahun 2021 pada tahap pendanaan. Meskipun terdapat beberapa kendala selama pembuatan proposal tapi Ia tetap semangat beserta timnya.

“Meskipun terdapat beberapa kendala selama pembuatan proposal seperti komunikasi tim full online, komunikasi informasi dari desa beberapa hari baru ada dan semuanya dikerjakan 3 hari sebelum tertutup pengupload-an berkas di web PHP2D, tapi alhamdulillah semuanya di selesaikan tepat waktu,” katanya.

Mahasiswi angkatan 2019 ini juga berharap dalam program Wira Desa dapat menjadi tonggak utama atau wadah bagi semua untuk mewujudkan harapan masyarakat desa dalam meningkatkan usaha yang ada di desa tersebut.

“Harapan saga semoga program Wira Desa ini dapat menjadi contoh kedepannya untuk mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dari kampus. Semoga program wira desa 2021 dapat berjalan dengan baik dan sukses,” katanya. (*)

*Reporter: Murni