PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menggelar Kajian Rutin Aliansi Mahasiswa dengan tema “Ironi UUPT di Indonesia”, kegiatan ini dilaksanakan melalui Via Zoom Meeting pada, Senin (26/7).

Alumni mahasiswa UNM, Supianto mengatakan penerapan UUPT di UNM selalu saja bermasalah dan tidak selaras ,hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengekangan akademik seperti kebebasan dalam menyampaikan pendapat. Hal ini tentu saja sangat berlawanan dengan apa yang telah ada di UUPT.

“Kalau dihubungkan dengan apa yang terjadi di UNM ,seringkali kita melihat adanya ketidaksesuaian antara apa yang dijelaskan dalam UU dan yang terjadi di lapangan”, katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa hak pemeberian mimbar akademik dan kebebasan akademik yang diberikan kepada mahasiswa seringkali direnggut padahal penyampaian pendapat yang dilakukan sesuai dengan kaidah keilmuan.

“Beberapa hari yang lalu pernyataan dari Rektor sempat ramai diperbincangkan karena mengatakan siapa saja yang mengkritik silahkan keluar dari UNM itu tidak sesuai dengan prinsip pendidikan”, jelasnya. (*)

*Reporter: Imam Muhajir Utama/ Editor: Sumaya Nursyahidah