Sahwa Ainul Magfirah saat memenangkan Juara Duta Remaja Sulsel 2021. (Foto: Ist).
Sahwa Ainul Magfirah saat memenangkan Juara Duta Remaja Sulsel 2021. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Duta Remaja Sulawesi Selatan (Sulsel) Organization menghelat pemilihan Duta Remaja Sulsel 2021 tanggal 24 hingga 26 Juli 2021 di gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (27/7)

Mahasiswi Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM), Sahwa Ainul Magfirah berhasil meraih juara pada ajang pemilihan duta tersebut.

Lanjut, anak dara bulukumba ini awalnya dia tidak menyangka akan mengikuti kegiatan pemilihan duta sampai sejauh ini, jauh sebelum adanya pemilihan duta kampus namun, pilihan tersebut beralih ke pemilihan Duta Remaja yang lebih menarik.

“Pada Awalnya sebenarnya saya punya niat untuk mendaftar pemilihan Duta kampus karena saya lebih duluan mengetahui infonya, Tapi kebetulan saya mengetahui ada pemilihan Duta Remaja yang lebih menarik perhatian saya”, bebernya.

Sebelumnya ia telah mengikuti beberapa persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini, dari persyaratan seleksi masuk tersebut ia berhasil dan di karantina selama beberapa hari hingga kegiatan berlangsung.

“Akhirnya saya mendaftar kegiatan pemilihan duta remaja ini dengan mengikuti seluruh persyaratannya, Alhamdulillah lulus berkas, kemudian lulus tes wawancara dan dinyatakan sebagai finalis hingga berlanjut karantina selama 3 hari di gedung LPMP Makassar”, Bebernya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tidak ada kesulitan yang berarti Melalui Ajang ini ia dapat mengasah skill public speaking, pembentukan karakter dan pemahaman tentang kebudayaan yang diperkuat selama tiga hari karantina.

“Tiga hal yang menjadi penilaian utama dalam Pemilihan Duta Remaja Sulsel 2021 ini adalah Attitude, Wawasan kebudayaan, dan Bagaimana cara kita berbaur dengan para remaja di kalangan kita dimana sasaran ini adalah finalis duta remaja itu sendiri.

Mahasiswa psikologi ini merasa senang atas hasil yang diperoleh karena ini merupakan perlombaan mulanya yang di berikan amanat dan tanggung jawab menjadi Duta Remaja Sulawasi Selatan.

“Perasaan saya tentunya sangat bersyukur kepada Allah karena ini pertama kalinya saya mengikuti lomba pemilihan duta dan Alhamdulillah di beri amanah untuk menjadi Duta Remaja Sulawesi Selatan tahun 2021 Bangga tentu ada tapi kembali ke sikap rendah hati dan tidak sombong,” ungkapnya.

Terakhir sahwa menuturkan ia akan memberi diseminasi dan mempersiapkan wadah untuk mengembangkan diri untuk remaja.

“Langkah awal yang akan dilakukan Sahwa sebagai Duta Remaja Sulsel 2021 adalah memberikan sosialisasi, menyediakan wadah untuk mengekspresikan diri kepada para remaja dan menjadi kan remaja berkarakter dan cinta akan budaya yg dimilikinya”, tuturnya. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili/ Editor: Sumaya Nursyahidah