Muhammad Zulfadhli Saat Memberikan Sambutan Ketua Panitia. (Foto: Sumaya Nursyahidah - Profesi).
Muhammad Zulfadhli Saat Memberikan Sambutan Ketua Panitia. (Foto: Sumaya Nursyahidah - Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pembukaan Aksi Nyata Ilmiah Mahasiswa (Analisis IV) dengan tema “meningkatkan Kepedulian kepada sesama Melalui pengabdian Guna mewujudkan Masyarakat yang sadar akan pendidikan dan berjiwa sosial” melalui pada Via Zoom Meeting pada Senin, (26/7).

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 juni hingga 1 agustus mendatang di tepatnya Dusun Pattiro, Desa Rompegading, kecamatan, Cendrana kabupaten maros, Sulawesi Selatan.

Ketua Panitia, Muhammad Zulfadhli menjelaskan apa yang melatar belakangi kegiatan Analisis IV ini serta menerapkan ilmu statistika kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian mahasiswa.

“Aksi Nyata Ilmiah Mahasiswa IV merupakan program kerja HMPS 2021 yang di latar belakangi oleh kurangnya pengaplikasian ilmu statistika kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian mahasiswa baik dari segi pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan serta sebagai bentuk pengaplikasian perwujudan Tri Darma perguruan tinggi”, jelasnya.

Lebih, ia juga mengatakan beberapa rangkaian kegiatan dan perlombaan yang akan dilakukan pada tahap berikutnya.

“Adapun item kegiatan diantaranya shareing info grafis, kelompok belajar Al-Quran dam Kultum, kelompok belajar, perlombaan lingkungan kesehatan, workshop dan seminar, gotong royong, pembagian sembako, malam ramah tamah dan penutupan” katanya.

Lebih lanjut, mahasiswa jurusan statistika ini juga menyebutkan diawal kegiatan ia telah mendata jumlah Kepala Keluarga yang akan di berikan bantuan.

“Kegiatan sensus sudah di laksanakan pada tanggal 21 hingga 25 juli 2021 kuota sebanyak 101 kepala keluarga dari total 3 RT yang berhasil kita sensus”, ungkapnya.

Mahasiswa Statatistika ini akan membuat infografis pada desa setempat untuk di gunakan sebagaimana untuk mendata masyarakat yang akan diberikan bantuan.

“Artinya dari kegiatan sensus ini akan di buatkan infografis untuk desa setempat dan juga data ini digunakan sebagai indikator dalam memilih masyarakat yang nantinya akan menerima sembako pada analisis IV ini”, katanya.

Ia juga telah berkomunikasi dengan warga setempat unuk melakukan kegiatan dengan syarat menunjukkan hasil Vaksinasi Covid-19.

“Meskipun kegiatan ini di laksanakan dalam keadaan pandemi ini kami telah berkoordinasi dengan desa camat dan polsek setempat dan insyaa Allah seluruh orang yang terlibat dalam kegiatan ini telah mengikuti vaksinasi Covid-19”,

Terakhir, Zulfadhli berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan menerapkan 3 M (Mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker).

“Sehingga kami harap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan”, harapnya. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah