Praktek Pembuatan Cengkeh Sebagai Obat Kangker, (foto: Ist).
Praktek Pembuatan Cengkeh Sebagai Obat Kangker, (foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) memanfaatkan benalu cengkeh untuk membuat obat kanker payudara, Kamis (22/7).

Obat kanker payudara tersebut berhasil membawa Fairuz Erlangga Nadwi, mahasiswa dari jurusan Kimia beserta anggota timnya lolos sebagai penerima hibah dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Eksakta (RE) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Fairuz Erlangga mengatakan bahan utama dalam pembuatan obat tersebut menggunakan benalu cengkeh, obat tersebut kemudian ia buat menjadi permen jelly dengan menggunakan bahan-bahan kue seperti madu, keraginan dan lain sebagainya.

“Jadi produk permen jelly itu kita rancang bagaimana agar para penderita kanker payudara ini tidak takut ketika meminum permen kami,” katanya.

Mahasiswa angkatan 2018 itu membeberkan bahwa Ia berinisiatif menggunakan bahan utama benalu cengkeh karena melihat para petani cengkeh yang mengalami keresahan akibat tumbuhan benalu yang mengganggu pertumbuhan cengkehnya.

“Karena benalu cengkeh yang biasanya itu mengganggu pertumbuhan cengkeh itu sendiri,” bebernya.

Hingga saat ini obat tersebut telah sampai pada tahap pengujian sel kanker untuk membuktikan keefektifan dari ekstrak benalu cengkeh dalam pengobatan sel kanker payudara. (*)

*Reporter: Ema Humaera