Sambutan Rektor UNM, Kamis (22/7). Foto: Ilham Raihan - Profesi
Sambutan Rektor UNM, Kamis (22/7). Foto: Ilham Raihan - Profesi

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) mengkritik tuntutan LK terkait trasparansi anggaran dalam sambutannya di pelantikan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) periode 2021 di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (22/7).

Dalam kesempatan itu, Rektor UNM Husain Syam turut menyinggung Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang selalu melakukan aksi demonstrasi menuntut transparansi anggaran.

“Lembaga Kemahasiswaan bukan urusannya yang dia urus, dia mau tau anggaran 2020. Kamu bukan lembaga berkewenangan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mencari tau hal itu,” ucapnya.

Eks dekan Fakultas Teknik itu juga mengatakan sebaiknya LK fokus pada hal-hal yang seharusnya menjadi tanggungjawabnya. Ia mengatakan pemerintah memiliki lembaga khusus yang mengurus transparansi anggaran perguruan tinggi.

“Yang dimaksud transparan yaitu kepada pihak yang berkewenangan. Jangan kau meminta transparan dana kalau bukan tempatnya transparan dana,” tegasnya.

Ia mengatakan sebaiknya mahasiswa belajar dengan sungguh-sungguh sehingga bisa menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat.

“Kau datang untuk belajar, keluar dan menjadi bagian di masyarakat bukan datang merubah aturan. Nah, kalau kau tidak suka dengan itu keluar, ada pintu keluar,” ucapnya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang