Yusuf Ahmad Sebut Arah Cahaya Sangat Penting Dalam Pengambilan Suatu Gambar. (Foto: Sumaya Nursyahidah-Profesi).
Yusuf Ahmad Sebut Arah Cahaya Sangat Penting Dalam Pengambilan Suatu Gambar. (Foto: Sumaya Nursyahidah-Profesi).

PROFESI-UNM.COM– Fotografi jurnalistik merupakan rangkaian agenda Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2021 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM). Agenda ini berlangsung di Villa Batu Dua, Galesong (12/07).

Pemateri fotografi Yusuf Ahmad, menjelaskan sebelum mengambil gambar terlebih dahulu kita harus memperhatikan arah cahaya.

“Sebelum menentukan penempatan kamera pada suatu bidang, kita harus pertimbangkan atau melihat arah cahaya ini adalah perioritas pertama, jangan pernah menempatkan kamera yang menentang arah sumber cahaya, kecuali kita menggunakan lampu yang setara dengan besarnya sumber cahaya”, ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa perlu memperhatikan latar belakang objek sebelum kita mengambil gambar.

“Latar belakang sangat penting karena latar belakang dapat di peroleh informasi tentang situasi dan kondisi saat itu, hindarilah latar belakang yang memantulkan cahaya yang kuat, sebaiknya cahaya latar belakang setara”, jelasnya.

lebih lanjut Ia menjelaskan, mendapatkan gambar yang bagus sebaiknya tentukan terlebih dahulu gambar seperti apa yang diinginkan.

“Untuk mendapatkan blocking kamera yang informatif, sebelumnya tentukan dulu pokok masalah apa yang ingin di tampilkan”, ucapnya.(*)

*Reporter: Irsan Juliani