Pernyataan sikap Aliansi Mahasiswa UNM, (Foto: Mustika-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKA-KL) merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu Kementerian/Lembaga. Berangkat dari hal tersebut Aliansi Mahasiswa mengangkat masalah RKA/KL menjadi isu tuntutan pada aksi yang digelar di depan Menara Pinisi UNM, Senin (12/7).

Humas Aliansi Mahasiswa UNM, Ari Baba Felani mengatakan isu ini sudah beberapa kali diangkat namun bekum juga mendapat tanggapan yang baik oleh pimpinan kampus.

“Transparansi unit cos RKA/KL ini bahkan masalah klasik, terkait unit cost kan ialah adalah dasar untuk penyusunan UKT, jadi perlu untuk ditransparansikan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa PNBP yang dimana hal itu bersumber dari UKT mahasiswa, artinya mahasiswa perlu tau kemana arah UKT yang dibayarkan karena hal tersebut merupakan haknya.

“Jangan sampai mereka membayar sesuatu yang mereka tidak digunakan, artinya ada penyelewengan didalamnya,” pungkasnya.

Selain itu, Mahasiswa Jurusan Matematika itu juga mengatakan anggaran Covid-19 juga tidak ada transparansinya hingga saat ini, padahal seharusnya hal tersebut merupakan hak mahasiwa untuk mengetahui bagaimana fakta sebenarnya mengenai anggaran Covid-19.

“Itu adalah informasi yang perlu diketahui oleh seluruh stakeholder yang ada di universitas Negeri Makassar bukan hanya di wilayah pimpinan saja,” katanya. (*)

*Reporter: Mustika Fitri