Muhammad Yasir, Saat Memberikan Materi Pengelolaan Website. (Foto: Sumaya Nursyahidah-Profesi).
Muhammad Yasir, Saat Memberikan Materi Pengelolaan Website. (Foto: Sumaya Nursyahidah-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Pengelolaan Website menjadi hal penting di dunia jurnalistik. Hal ini dijelaskan oleh Muhammad Yasir dalam materinya ‘Pengelolaan Website, Konten Jurnalistik Online’ dalam kegiatan Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM).

Dalam materinya, Yasir mengatakan website bukan sekedar media online tapi memiliki banyak jenis contoh kecilnya media sosial.

“Karena website itu bukan hanya media online saja tapi facebok instagram, dan WA,” katanya.

Ia mengatakan generasi media pertama lahir dari republika, seiring berjalannya waktu media online yang lain pun terus berkembang.

“Ada berapa generasi sejak lahirnya republika Generasi pertama itu republika online, kemudian temporaktif masuk kegenerasi lainnya itu sudah marak,” jelasnya.

Terakhir Ia menjelaskan detik merupakan generasi ketiga yang lahir pada tahun 1998 atas dasar tujuan pengembangan informasi lewat berita.

“Generasi ketiga lahir detik pada tahun 1998, karena detik yang mencetuskan kecepatan dalam penyajian berita online di indonesia, detik juga tidak lahir karena tidak punya media konfensional, bebeda dengan media sebelunya seperti republika dan tempo, tempo kan punya media cetak, sedangkan detik tidak, dia yang buat secara murni,” ujarnya. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah