Pamflet seminar dalam jaringan oleh LPM Profesi UNM, (Foto: Dokumen Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar Seminar Dalam Jaringan dengan tema ‘Alerta PPPK, Narasi Kematian Kampus LPTK’ yang akan di laksanakan Kamis (8/7) mendatang, berlangsung secara virtual melalui media Zoom Meeting dan Live Steaming di Youtube LPM Profesi UNM.

Atas dasar Keputusan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementrian Penberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) meniadakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi guru 2021 diganti dengan Pegawai Pemerintah dalam Perjanjian Kerja (PPPK). Kebijakan dinilai berdampak negatif bagi para calon guru. Hal inilah yang mengilhami LPM Profesi menggelar seminar dalam jaringan.

Seminar ini menghadirkan pembicara ahli tentang peraturan keguruan, diantaranya Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M. Hum, (Menyoal Disparitas PPPK VS CPNS), Direktur Negara Institute, Dr. Akbar Faizal, M. Si (PPPK; Malapetaka Sarjana Pendidikan), serta Pengamat Pendidikan, Darmaningtyas (Nestapa Pendidikan Indonesia).

Ketua Panitia, Mustika memberikan komentar terkait isu hangat PPPK ini, menurutnya melalui momen ini mampu menjadi penggerak awal pergerakan keguruan di kampus keguruan UNM.

“Pastinya UNM akan terkena imbas besar akibat adanya PPPK ini, kan UNM itu kampus pencetak guru jadi ya pasti ada dampaknya,” jelasnya.

Menurutnya perlu untuk membangkitkan kesadaran UNM melalui momen ini, UNM harus sadar kalau dengan adanya PPPK ini sangat merugikan sarjana keguruan.

“Ya pastilah, namanya juga kampus keguruan hasil outputnya guru itupun kalau ada yang non-kependidikan pasti sedikit. UNM harus sadar akan hal ini,” harap mahasiswa Fakultas Teknik (FT) ini.

Peserta seminar terbuka gratis untuk umum, setiap peserta berhak mendapat fasilitas yaitu E-Sertifikat dan ilmu yang bermanfaat.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Ema: 0821-9155-1819 (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah