Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah FIS-H mengunjungi beberapa situ

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Sejarah,Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan jelajah situs di Toraja Utara, Selasa hingga Kamis (22-24/6).

Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 41 orang yang terdiri dari angkatan 2019 dan 2020. Dalam kegiatan ini mereka mengunjungi beberapa situs di Toraja Utara seperti Kete Kesu, Londa dan Bori Kalimbuang.

Nurul, Ketua Umum mengatakan kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk tinjauan ke lapangan yang berhubungan dengan mata kuliah, untuk dapat melihat secara langsung dan sekaligus menambah wawasan mahasiswa mengenai kebudayaan yang ada di Toraja baik dari segi sejarahnya maupun nilai-nilai budayanya. Mengingat angkatan 2019 dan 2020 tidak pernah mengadakan praktek lapangan.

“Jadi kegiatan ini kami lakukan agar adik-adik angkatan 2019 dan 2020 dapat secara langsung melihat dan sekaligus menambah wawasannya mengenai kebudayaan yang ada di Toraja, mengingat juga mereka suda memepelajari materinya di Sejarah kebudayaan tapi tidak ada praktek lapangannya” jelasnya.

Selain itu, Much. Syah Algivari selaku ketua panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dengan melihat secara langsung kebudayaa yang ada di Toraja. Sehingga bisa lebih mengenal sejarah, adat, tradisi, budaya dan kondisi sosial masyarakat Toraja.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena kami bisa lebih tahu tentang toraja bagaimana sejarahnya, adat, tradisi, budaya kondisi sosialnya dan masih banyak lagi intinya ini sangat menambah wawasan kami” ujarnya.

Much. Syah Algivari juga berharap dengan kegiatan ini dapat wawasan dan pengetahuan mengenai kebudayaan yang ada di Toraja khususnya pada situs-situs yang dikunjungi.

“Semoga kegiatan jelajah situs ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman yang ikut dalam kegiatan ini” harapnya.

Kegiatan jelajah situs ini akan dilanjutkan dengan seminar sebagai bentuk laporan penelitian yang dilakukan di Toraja dan merefleksikan kembali apa yang mereka dapatkan selama jelajah situs. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang