Buku Pengantar sosiologi Politik oleh Prof. Dr. Damsar, (Foto: Elfira-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Buku pengantar sosiologi politik ini menggambarkan dengan jelas dinamika sebuah realitas politik berikut segala dan fenomenanya yang terjadi di sebuah Negara dan sangat erat sangkut pautnya dengan perubahan yang terjadi sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari aktifitas politik tersebut.

Kajian utama dalam buku ini berkisar pada kekuasaan-makna, pemikiran, reproduksi, distribusi, serta konsumsi kekuasaan, dan pilar-pilar kekuasaan, yang menyinggung banyak tentang apa itu sosialisasi politik, pengertian, agen, dan perkembangannya, begitu juga apa yang disebut dengan partisipasi politik, typologio, alasan yang mendasarinya, serta hubungan stratifikasi dan hubungan politik, dan yang tak kalah penting tentang bahasaan komunikasi politik.

Dari bahasan bab per bab dari buku tersebut sangatlah apik dan komplit untuk memahami bagaimana itu politik. Mulai dari defenisi, hingga penjelasaan tentang bagaimana politik bekerja dalam masyarakat khususnya di Indonesia.

Beberapa tokoh/pemikir sosial yang dijadikan sebagai landasan pikir, kerangka pikir, untuk membedah fenomena politik dalam masyarakat. Sebagai contoh Karl Marx dengan teori konfliknya, Emile Durkheim, Max Weber, Vilfredo Pareto, dan lain sebagainya. Tak hanya demikian, buku ini juga menjelaskan bahwa tindakan politik erat kaitannya dsengan kuasa, yakni bagaimana mencapai kuasa serta bagaimana mempertahankan kuasa tersebut. Peran Negara, civil society, serta pasar yang bekerja sebagai pilar dalam kuasa. Bagaimana sosialisasi politik, partisipasi politik, komunikasi politik, hingga bahasan tentang partai politik sebagai kendaraan politik. Dan kecenderungan dari dari buku ini juga bahasannya merujuk pada fenomena dan realitas yang terjadi di Indonesia. Membongkar fenomena politik, serta menjabarkan bagaimana system perpolitikan bekerja terkhusus di Indonesia.

Jadi, ini akan semakin relevan dengan kebutuhan mahasiswa di era sekarang ini. Apalagi bagi teman-teman mahasiswa yang berkecimpung di lembaga kemahasiswaan. Selain dari pada memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, ini juga akan menjadi salah satu buku yang rekomended untuk sama-sama kita telaah, cermati, guna menjadi kacamata teoritis serta menjadi landasan/pijakan dalam melihat fenomena yang ada di Indonesia secara umum dan yang ada pada kampus sebagai salah satu miniatur kecil negara secara khusus.

Tulisan ini dikutip dari buku karya Prof Damsar dengan Judul “Pengantar Sosiologi Politik. (*)

*Reporter: Elfira