Pemateri Seminar Mitigasi Bencana oleh UKM SAR UNM, Rabu (23/6). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search and Rescue (SAR) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Mitigasi Bencana dengan mengusung tema “2 Dekade SAR UNM Mengabdi untuk Bangsa”. Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Lantai 2 Menara Pinisi UNM, Rabu (23/6).

Seminar tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Lahir UKM SAR UNM ke 2 dekade yang akan dilaksanakan pada 29 Juni mendatang . Seminar Mitigasi Bencana ini sendiri sebagai bentuk pengabdian UKM SAR UNM kepada masyarakat juga sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat yang ada di Makassar.

“Meningkatkan pemahaman masyarakat dan mahasiswa tentang konsep dasar dan teori mitigasi bencana, meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dan mahasiswa dalam melakukan perencanaan mitigasi bencana,” tutur Fijar Rhobbany Amir, Ketua panitia Seminar Mitigasi Bencana UKM SAR UNM.

Dalam kegiatan Seminar tersebut menghadirkan 4 pemateri diantaranya yaitu Ramli Umar, Dosen Geografi UNM, Analisis Mitigasi Bencana BPBD Prov. Sulsel, Wahyudi Ruwitanto, Instruktur Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar, Muh. Asykin dan Anggota Rescue Ton 1 Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Abd Fahmi.

Fijar sapaannya juga menjelaskan alasan diambilnya tema pada seminar tersebut yaitu karena SAR UNM yang memasuki 2 dekade tersebut dapat memberikan manfaat serta mengabdi pada bangsa dan negara.

“SAR UNM makin bisa bermanfaat bagi bangsa khususnya dibidang kemanusian,” jelasnya.

Seminar Mitigasi Bencana ini diikuti oleh Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Makassar, Mahasiswa UNM, dan juga Masyarakat yang ada di beberapa kelurahan kota Makassar.

Mahasiswa Jurusan Geografi tersebut berharap dengan diadakannya kegiatan Seminar Mitigasi Bencana itu dapat membuat mahasiwa dan masyarakat yang mengikuti seminar memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana alam yang terjadi.

“Masyarakat bisa lebih memahami tentang bagaimana mitigasi bencana itu sndri agar bisa mengurangi resiko dari bencana tersebut baik itu gempa bumi, banjir, dan lainnya,” harapnya. (*)

*Reporter: Mustika Fitri