Tim LP2M UNM. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM -Tim Dosen Pengabdi LP2M UNM melakukan pelatihan kepada masyarakat Desa Rompegading, Kecamatan Liliiriaja, Kabupaten Soppeng, Minggu (20/6)

Ketua Tim PKM Olahan Air Tawar Aneka Rasa, Nurfaizah AP, menilai pemberian keterampilan tersebut sangat berguna terutama bagi ibu-ibu yang ingin menyajikan makanan sehat bagi anak-anaknya. Tidak hanya itu, keterampilan ini juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi ibu-ibu rumah tangga.

“Kegiatan pelatihan ini memberi keterampilan bagi ibu-ibu Desa Rompegading untuk dapat mengolah ikan air tawar menjadi berbagai olahan seperti nuget dan otak-otak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan manfaat dari olahan tersebut adalah anak-anak tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi dengan disediakannya makanan olahan ikan.

“Dengan berbekal keterampilan ini, ibu-ibu dapat mengolah camilan sehat yang disukai oleh anak-anak jaman sekarang” kata Nurfaizah.

Pelatihan yang dilaksanakan di balai desa Rompegading ini diikuti oleh ibu-ibu dengan sangat antusias. Berbekal dengan bahan-bahan dasar yang mudah didapat, peserta pelatihan terlihat bersemangat mencoba membuat makanan olahan seperti nuget dan otak-otak dari ikan air tawar.

PKM Olahan Air Tawar Aneka Rasa ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari Nurfaizah, Haerani dan Hotimah. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan pengabdian yang dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes).(*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani