Jumpa Pers Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN Tahun 2021, (Foto: Mustika-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 dilakukan hari ini melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), Senin (14/6). Menyambut pengumuman tersebut LTMPT melakukan Konfrensi Pers melalui Room Zoom Meeting dan YouTube LTMPT.

SBMPTN merupakan salah satu model seleksi penerimaan mahasiswa baru disamping mode penerimaan yang lain yaitu SNMPTN dan Jalur Mandiri.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho mengatakan pada SBMPTN tahun ini terdapat 137 perguruan tinggi (PT) yang ikut dalam proses seleksi SBMPTN.

“Kita lihat dari jumlah kepesertaan SBMPTN ada 137 perguruan tinggi terdiri dari 74 Perguruan Tinggi dan Institut Negeri, 12 Sekolah Vokasi di Universitas atau Institut, dan 40 Politeknik Negeri dan 11 PTN KIN,” jelasnya.

Rektor Universitas Sebelas Maret itu juga mengungkapkan minimum peserta yang diterima bagi Perguruan Tinggi Negeri Satker dan BLU yaitu 40% dari peserta yang mendaftar dan 30% bagi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

“Menurut data dan informasi yang diperoleh dari LTMPT ternyata rata-rata lulusnya hanya sekitar 23,78%. Artinya cukup banyak sekitar 76,28 % yang tidak berhasil,” ungkapnya.

Terakhir, Jamal Wihohi memberi selamat kepada para peserta yang lolos nantinya dan memberikan pesan kepada para peserta yang belum lolos dalam seleksi SBMPTN tahun ini agar mempunyai pilihan lain sebagai rencana kedua untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Masih ada jalur lainnya yaitu jalur mandiri, tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri saja. sebagai pilihan, pilih alternatif lain untuk menatap masa depan yang lebih baik,” ujarnya dalam menutup sambutannya di Konfrensi Pers LTMPT tersebut. (*)

*Reporter: Mustika Fitri