Kegiatan workshop pengembangan kurikulum dalam rangka dukung MBKM yang digelar oleh FIS-H, (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Workshop pengembangan kurikulum, Rabu (9/6).

Kegiatan Workshop tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM Hasnawi Haris, Tim MBKM UNM, dan Khaeruddin sebagai narasumber kegiatan.

Menjadi fakultas pertama yang melakukan workshop kurikulum, Hasnawi Haris berharap fakultas lain dapat segera melakukan workshop kurikulum dalam rangka mempersiapkan tiap fakultas meghadapi program MBKM.

“Pentingnya melakukan kegiatan ini, untuk itu fakultas lain yang ada di UNM juga mestinya melakukan hal yang serupa,” harapnya.

Kegiatan workshop kurikulum ini diikuti semua Ketua Jurusan, Sekertaris, Kepala Laboratorium, Ketua Program Studi dan Tim Unit Penjaminan Mutu FIS-H.

Disisi lain, Dekan FIS-H, Jumadi dalam sambutannya menyampaikan, workshop ini merupakan kegiatan pertama dan selanjutnya akan ada 2 workshop yang akan digelar dua Minggu kedepan yaitu workshop tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Renstra.

“FIS-H dalam menyambut kurikulum ini harus bergerak cepat untuk mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini yang insyah Allah Akan dipakai pada semester depan,” unkapnya.

Kegiatan Workshop ini diharapkan dapat menghasilkan kurikulum dari sepuluh prodi yang ada di FIS-H yang dapat menunjang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sesuai dengan amanat:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  5. Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012, tentang KKNI.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

*Reporter: Mustika Fitri