Prosesi berlangsungnya seminar proposal oleh anggota LPM Penalaran UNM, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar proposal penelitian lembaga. Terdapat empat proposal yang diseminarkan terdiri dari berbagai bidang yaitu skim Pendidikan, skim Teknologi, skim Sosial, dan skim Budaya. Kegiatan Seminar Proposal ini dilaksanakan di Ruangan HL Fakultas Ilmu Pendidikan UNM, Minggu (6/6).

Seminar proposal penelitian tesebut dilaksanakan di dua ruangan yang berbeda yaitu ruangan HL 101 dengan pembahasan proposal subtema Pendidikan dan Teknologi sedangkan ruangan HL 102 dengan pembahasan proposal subtema Sosial dan Budaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh penanggap ahli, anggota dan alumni LPM Penalaran UNM. Pelaksanaan seminar proposal penelitian secara luring baru pertama kali dilaksanakan oleh LPM Penalaran sejak wabah Pandemi Covid-19 berlangsung yang diselenggrakan sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Pelaksanaan seminar proposal ini berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan, dengan kegiatan yang lebih efektif lagi karena dilaksankan secara full luring sehingga tim peneliti lebih antusias dalam menyampaikan penelitian yang akan dilakukan, serta tanggapan dan saran dari penanggap dapat tersampaikan dengan lebih baik lagi”, Kata Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Penalaran UNM, Marianna Renata.

Disisi lain, Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Nopri Hidayat berharap bahwa penelitian yang dilakukan tersebut dapat menjadi langkah awal mereka untuk dapat mengembangkan penelitian sampai ke tahap selanjutnya yaitu tahap publikasi.

“Seminar kali ini dapat menjadi awal pengembangan riset yang dapat memberikan manfaat secara teoritis maupun praktek dan yang paling penting juga, semoga semua penelitian yang ada saat ini bisa selesai bahkan sampai ke tahap publiksasi”, harapnya.

Adapun judul proposal yang diseminakan yaitu:

  1. Pengembangan Media Matematika Dasar untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Hitung Pecahan di SDLB-A Yapti Makassar.
  2. Rancang Bangun Automatic Mask Machine Menggunakan Sistem Touchless dalam Upaya Pengendalian Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Vaccine Hesitancy (Keraguan-keraguan Vaksin) pada Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19.
  4. Tradisi Adat Kalomba: Kajian Makna dan Nilai Budaya pada Masyarakat Desa Bonto Biraeng Kabupaten Bulukumba. (*)

*Reporter: Mustika Fitri