Najwa Shifa Salsabila, Dalam Memerankan Perempuan Di Titik Nol. (Foto: Sumaya Nursyahidah-Profesi).
Najwa Shifa Salsabila, Dalam Memerankan Perempuan Di Titik Nol. (Foto: Sumaya Nursyahidah-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Seni pertunjukan dihelat oleh Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni, Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar itu menampilkan pertunjukan teater, monolog serta tari, Rabu (2/6).

Ketiga pertunjukan tersebut merupakan ujian dari tiga matakuliah yakni pemeranan, tari pertunjukan, dan terakhir manajemen seni pertunjukan diampuh oleh Asia Ramli, Khaeruddin, Rahmat, serta Prusdianto Jalil.

Pimpinan Produksi, Adi Sofyan H menjelaskan bahwa mahasiswa membentuk tim manajemen pertunjukan seni yang didalamnya terdapat tujuh divisi yang menyokong agar acara ini bisa digelar yaitu divisi acara, house manager, stage manager, pubdok, humas, perlengkapan, pendanaan, sponsor, konsumsi, transportasi dan liaison officer (LO).

“Penataan artistik pertunjukan diserahkan kepada peserta penampil, kami yang sediakan panggung dan lain-lain,” ujarnya.

Disisi lain, dosen pengampuh, Khaeruddin membeberkan bahwa manajemen seni pertunjukan pada dasarnya meliputi suatu proses yang panjang sebelum pertunjukan seni disuguhkan ke penonton.

“Manajemen seni berkaitan dengan proses produksi untuk menopang penyelenggaraan dan terciptanya produksi pertunjukan seni berkualitas sesuai anggaran yang ditentukan,” ungkapnya.

Adapun karya yang ditampilkan dalam seni pertunjukan tersebut antara lain:

  1. HAVOC karya Taskiyatul Maghfira
  2. Tikus Berdasi karya Annisa Salsabila Suryani Arifin
  3. Ada Tapi Tak Ada karya Nendi Elis
  4. (Monolog) Perempuan Obrak Abrik karya Rian Kurniawan Harahap, diperankan serta disutradarai oleh Devalia Wahid Salsabillah
  5. (Monolog) Aeng karya Putu Wijaya, diperankan serta disutradarai oleh Nurul Maghfirah
  6. (Monolog) Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi, diperankan dan disutradarai oleh Najwa Syifa Salsabila.
  7. (Tari) Koajang karya Andi Sri Wiranto. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani