Program Kemitraan Masyarakat (PKM) DRPM Tahun 2021 dalam pendampingan layanan bimbingan dan konseling karir bagi guru BK SMK di Kabupaten Bantaeng. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UN mengadakan program “Model Bimbingan U-Career untuk Membantu Siswa dalam Penjurusan/peminatan dan Pengembangan Soft Skills di Era Digital 4.0” di Bantaeng, (29/5).

Program ini merupakan pelatihan bagi guru BK terkait layanan bimbingan karir masa depan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris.

Sekretaris PD ABKIN Sulawesi Selatan, Farida Aryani, mengatakan program pendampingan ini membantu guru Bimbingan dan Konseling (BK) memahami tren karir masa depan.

“Program ini membantu para guru BK memahami tren karir masa depan,” katanya.

Lanjut, Kaprodi Pascasarjana BK UNM itu juga menjelaskan bahwa salah satu hal yang harus disiapkan ialah pengembangan softskill siswa. Oleh karena itu diberikan materi terkait optimalisasi layanan bimbingan karir masa depan.

“Guru BK harus menyiapkan pengembangan  soft skill  siswa untuk menghadapi tren karir di era digital,” ujar dosen FIP UNM tersebut. (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati