Setifikat Akreditasi PTB. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Bangunan ( PTB) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah meraih akreditasi unggul pada tanggal 18 mei 2021 lalu, Selasa(24/5). Proses penyusunan borang akreditasi tersebut dimulai pada tahun 2019, akreditasi unggulan resmi ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT) pada tahun 2021 dengan nomor SK: 2989/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2021.

Prodi S1 PTB merupakan prodi pertama di UNM yang memperoleh akreditas unggul. perolehan akreditasi ini merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi civitas Jurusan PTSP, mahasiswa dan alumni Pendidikan Teknik Bangunan.

Ketua Prodi, Reany Tenriola mengatakan bahwa proses penyusunan tersebut sempat terkendala, namun hal tersebut bisa diatasi.

“Kendalanya pada penyusunan dokumen (sebelumnya tim menyusun LED 7 standar kemudian aturan baru menjadi 9) dan sama kami belum ada acuan yang 9 standar/kriteria yang membuat sebelumnya, kendala juga pada saat pengumpulan data. Data bukan hanya data prodi tapi data mulai dari data universitas dan fakultas,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan rasa senang dan syukurnya serta kerja sama tim selama proses penyusunan sampai mendapatkan hasil sesuai harapan.

“Tentunya senang, syukur atas Rahmat Allah SWT yang menyertai kerja keras tim dan semua pihak yang telah membantu selama proses mendapatkan hasil sesuai harapan,” ucapnya.

Ia juga berharap agar akreditasi tersebut bisa dipertahankan untuk kualitas prodi yang semakin maju kedepannya.

“Semoga terus bisa dipertahankan dan lebih baik lagi kedepannya,” harapnya.

Sama halnya dengan Kaprodi, Salah satu penyusun borang, Anas Arfandi, mengatakan bahwa dalam penyusunan borang dengan 9 kriteria perubahan pola pikir seluruh pihak terkait harus berubah.

“Penyusunan borang akreditasi BAN-PT dengan 9 kriteria membutuhkan perubahan mindset dari seluruh pihak terkait agar penyusunan dapat berjalan lancar dan dipahami oleh seluruh pihak,” ungkapnya.

Mantan Kaprodi, Mithen Lullulangi, turut mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian PTB.

“kita bersyukur atas pencapaian ini, Ini berkat kerja keras dari kita semua, baik tim borang yg bekerja langsung, mendapat dukungan penuh dari Pimpinan, dari Mahasiswa, dari Alumni, dan dari stake holder lainnya termasuk pemakai alumni kita,” ucapnya. (*)

*Reporter: Irsan Juliani