Buku Jurnalistik Literary Journalism oleh Mahl M.Hikmat, Foto: Tini-Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Dalam satu bidang ilmu ada banyak istilah kunci yang biasanya di jadikan sebagai acuan. Dalam proses komunikasi ternyata juga memiliki istilah kunci dalam prosesnya.

Katrine Miller pada tahun 2005 menyebutkan ada 5 kunci istilah dalam proses komunikasi, yaitu :

  1. Diyakini bahwa komunikasi merupakan proses sosial.

Pada saat ditafsirkan komunikasi sebagai proses sosial, hal itu melibatkan sejumlah orang dalam interaksi, minimalnya melibatkan dua orang, pengirim dan penerima (pesan).

  1. Proses alami dari komunikasi dapat dilihat salah satunya dari awal hingga akhir percakapan.

Dalam proses ini, individu dan budaya dapat mengubah efek komunikasi. Komunikasi sebagai proses berkaitan dengan sifat komunikasi yang tidak dapat diulang dan dikembalikan ke posisi sebelum komunikasi berlangsung.

  1. Komunikasi pada hakikatnya merupakan suatu simbol.

Simbol dimaksud merupakan label atau sesuatu yang dapat mewakili dan ditujukan pada suatu fenomena. Terdapat dua jenis simbol dalam proses komunikasi, yaitu simbol konkret yang mewakili suatu objek, dan simbol abstrak yang mewakili suatu ide atau gagasan.

  1. Makna merupakan apa yang orang sarikan dari pesan.

Hal yang mengaitkan antara proses dengan simbol adalah makna yang merupakan pusat dari pendefinisian komunikasi.

  1. Lingkungan merupakan situasi di mana komunikasi terjadi.

Lingkungan dimaksud termasuk sejumlah elemen yang terdiri dari waktu, tempat, periode sejarah, hubungan, dan latar belakang budaya antara pembicara dan pendengar.

Tulisan ini dikutip pada buku Journalistik Literary Journalism yang diterbitkan oleh Prenamedia Group karya Mahl M. Hikmat pada tahun 2018. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani