Ilustrasi Jurnalistik, Foto: Int.

PROFESI-UNM.COM – Jurnalistik adalah sebuah bidang ilmu yang berkaitan erat dengan proses pemberitaan. Dengan adanya dunia jurnalis maka semua proses pemberitaan dapat berjalan dengan lancar.

Tapi mungkin banyak yang belum mengenali makna jurnalistik secara umum. Hanya mengetahui secara dasar bahwa jurnalis adalah bidang ilmu kewartawanan.

Onong Uchjana Effendy menyatakan, bahwa jurnalis adalah istilah yang berasal dari bahasa Belanda yaitu journalistiek. Dalam bahasa Ingris journalism, yang kedua kata tersebut berasal dari kata journal. Journal sendiri berasal dari bahasa Latin diurnal, yang berarti harian atau setiap hari.

Menurut Effendy, jurnalistik adalah teknik mengelola berita mulai dari mendapatkan bahan hingga kepada menyebarluaskan kepada khalayak. Apa saja yang terjadi di dunia apakah itu fakta peristiwa atau pendapat yang diucapkan seseorang. Jika diperkirakan akan menarik perhatian khalayak, akan menjadi bahan dasar jurnalistik, menjadi sumber berita untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

Tulisan ini dikutip pada buku 4 Pilar Jurnalistik diterbitkan oleh Prenamedia Group karya Azwar pada tahun 2018. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani