Petugas kebersihan UNM - Foto: Cimun/Profesi

PROFESI-UNM.COM – Petugas Kebersihan itulah sebutan profesi yang suka membersihkan ini. Tampak biasa saja, namun tanpa kita sadari ada sebuah pribadi yang kuat dibalik profesi ini.

Tak banyak yang mereka inginkan cukup melihat keadaan bersih itu sudah memenuhi hasratnya. Anto, begitulah salah satu petugas kebersihan Universitas Negeri Makassar (UNM) dipanggil.

Anto yang setiap hari membersihkan area taman Psikologi ini menceritakan suka dukanya selama menjadi petugas kebersihan.

“Suka dukanya itu semacam kalau musim gugur, terus kalau ada kerjaan itu disuruh lagi yang satu. Sukanya kalau biasa ada acara di hotel kita ke hotel,” ujarnya.

Kadang ia mengeluhkan sikap mahasiswa yang belum terlalu peduli akan lingkungannya.

“Bagaimana ya, kadang mereka juga semacam kanak-kanak juga. Kita sudah sapu, ada tempat sampah dia tidak buang ditempatnya, lebih enak itu di didik anak TK daripada mahasiswa begini,” katanya.

Ia menilai mahasiswa yang belum peduli kebersihan lingkungannya itu masih minim perhatian akan peraturan yang ada.

“Umpamanya kan sudah ada tertulis di depan pintu masuk kelas, dilarang bawa makanan tetap juga bawa makanan. Ndak perlu ditegur lagi kan sudah ada bacanya,” tuturnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani