Pelaksanaan Jalur Mandiri UNM - Foto: Profesi

PROFESI-UNM.COM – Jalur prestasi merupakan salah satu jalur khusus masuk di Universitas Negeri Makassar (UNM), seperti namanya biasanya jalur ini diikuti oleh siswa yang berprestasi.

Sebagai bukti bahwa siswa tersebut adalah siswa yang berprestasi, harus disertai dengan bukti. Bukti tersebut biasanya berupa sertifikat atau portofolio dari siswa yang mendaftar jalur ini.

Wakil Rektor bidang Akademik (WR I), Hasnawi Haris mengatakan bahwa peserta jalur prestasi wajib menyertakan portofolio dirinya saat mendaftar.

“Khusus bagi peserta yang memilih jalur prestasi, wajib mengunggah dokumen portofolio. Sertifikat atau keterangan yang menjelaskan prestasi,” ujarnya.

Peserta jalur prestasi dapat berupa pemenang di lomba tingkat nasional, internasional dan penghafal Alquran yang dibuktikan dengan sertifikat.

“Untuk prestasi bidang sains, olahraga atau seni, berupa sertifikat juara internasional atau juara nasional. Sedangkan untuk prestasi hafidz, berlaku ketentuan telah menghafal Alquran minimal 15 Juz,” katanya.

Bagi tahfidz dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak sekolah atau pondok asal dari peserta jalur prestasi.

“Untuk membuktikan bahwa dia memang tahfidz yang pertama itu ada memang surat keterangan dari pimpinan sekolah, madrasah, atau pesantren,” tambahnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani