Mantan dekan FIS UNM (sebelah kiri) Hasnawi Haris - Foto: Profesi

PROFESI-UNM.COM – Seperti pada peraturan tahun sebelumnya, pendaftar jurusan keterampilan seperti seni dan olahraga harus mengikuti tes tambahan yaitu tes keterampilan. Tapi sekarang ada kemudahan bagi pendaftar untuk tidak perlu melakukan tes keterampilan secara langsung tapi melalui video.

Peserta dapat mengunggah video keterampilan seni atau olahraga yang dimilikinya tanpa harus melakukan tes secara langsung, kebijakan ini didasarkan karena adanya Pandemi Covid-19.

Wakil Rektor bidang Akademik (WR I), Hasnawi Haris menuturkan bahwa peserta wajib menyertakan unggahan video keterampilan yang dimiliki oleh pendaftar jalur mandiri.

“Wajib mengunggah video keterampilan olahraga atau keterampilan seni. Melalui video karena pandemi,” katanya.

Pertimbangan ini didasarkan oleh masih mewabahnya Covid-19, sehingga membuat kebijakan ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang dilakukan secara langsung.

“Seandainya tidak ada pandemi mereka kan langsung ya, tapi karena ada pandemi maka mereka mengirimkan video,” tutur Hasnawi.

Selain sebagai penilaian dan persyaratan khusus jalur mandiri di bidang keterampilan, video ini juga sebagai bukti bahwa peserta memang memiliki keahlian di bidang tertentu.

“Jadi ada video terhadap keahlian yang dia klaim, bahwa saya memang ahli di bidang tertentu mana buktinya,” ujar WR I UNM. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani