Potret Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM - Foto: Profesi

PROFESI-UNM.COM – Ijazah atau bukti kelulusan dinyatakan sebagai sebuah syarat mutlak untuk mendaftar di jalur mandiri Universitas Negeri Makassar (UNM). Pernyataan ini telah dimuat dalam surat edaran tentang persyaratan jalur mandiri UNM.

Hal ini juga diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM saat diwawancarai oleh reporter Profesi. Namun, bagi pendaftar yang belum memiliki ijasah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk mendaftar jalur mandiri.

WR I UNM, Hasnawi mengatakan SKL dapat dipertimbangkan sebagai pengganti ijazah karena kadang ada beberapa sekolah yang belum rampung ijazahnya.

“SMA, SMK atau sederajat itu memiliki surat keterangan lulus. Karena kan kadang-kadang ijazahnya itu kan belum selesai,” ujarnya.

Hasnawi menjelaskan bahwa hal ini berlaku untuk pendaftar jalur mandiri yang memang belum memiliki ijazah dari sekolah.

“Tapi kalau dia sudah memiliki dari sekolah, artinya sudah ada ijazahnya ya itu sudah Alhamdulillah. Tapi kalau belum, bisa surat keterangan,” katanya.

Tapi peraturan ini dikhususkan untuk angkatan 2021, dikarenakan bagi angkatan di atasnya sudah dipastikan telah memiliki ijazah.

“Itu untuk 2021, tapi untuk 2020 ya wajib. Karena pasti sudah ada,” tambahnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani