Tampilan halaman awal web hosting ketika sudah aktif dan dapat digunakan, (Foto: int)

PROFESI-UNM.COM – Benar kata orang bahwa di dunia maya kita bisa mencari apa saja. Termasuk hal-hal yang relatif mustahil. Salah satunya hal yang bisa dikategorikan mustahil itu adalah nama domain dan web hosting yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Dibilang mustahil karena mana ada orang mau berbisnis dengan menggratiskan barang dagangannya.

Nah, tapi kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana model bisnis mereka sehingga bisa memberikan sesuatu secara gratis. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah bagaimana memanfaatkan dan menggunakan nama domain serta web hosting gratis itu.

  1. Nama Domain Gratis
    Di dunia maya, setidaknya ada dua pemberi layanan nama domain gratis yang populer, yaitu Dot TK dan CO.CC.

a. Dot TK
Layanan Dot TK dapat dicapai dengan mengetikkan dot.tk di bagian adress browser. Dot TK memberikan layanan nama domain gratis yang fungsiny untuk menggantikan nama domain yang panjang menjadi lebih ringkas. Nama domain yang diberikan nantinya akan memilik TLD .tk.

b. CO.CC
Layanan CO.CC boleh dibilang sudah mirip layanan domain berbayar. Bahkan faktanya tidak semua nama domain berakhiran .co.cc dapat diperoleh secara gratis.

  1. Web Hosting Gratis

Ada cukup banyak penyedia jasa web hosting gratis di internet, beberapa di antaranya adalah:

• X10Hosting (x10hosting.com). Sayangnya situs yang dibuat harus menggunakan salah satu dari ketiga bahasa berikut: Bahasa Inggris, Perancis, atau Spanyol.

• AwardSpace (awardspace.com/web hosting.html).

• Free-Space (free-space.net). Free Web Hosting Area (freewebhostingarea.com).

• Zymic (zymic.com/free-web-hosting/).

• Mister!net (mister.net). 00Owebhost (00Owebhost.com).

Dari sekian banyak penyedia jasa web hosting tersebut penulis merekomendasikan 000webhost.

  1. Mengaitkan Domain dengan Web Hosting

Kini Anda telah memiliki nama domain dan web hosting gratis, Langkah selanjutnya adalah mengaitkan nama domain tersebut dengan web hosting yang digunakan agar nantinya jika nama domain tersebut diakses, otomatis yang dituju adalah file-file yang tersimpan di web hosting yang digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaitkan informasi nama domain dengan web hosting yang digunakan:

  1. Buka CO.CC dan login-lah dengan mengklik link “Returning user, sign in here”. Masukkan username, password, teks
    verifikasi, dan klik tombol “Sign In”.
  2. Pada halaman berikutnya akan muncul nama domain yang Anda miliki. Klik link “Set up” untuk melakukan pengaturan terhadap nama domain tersebut. Jika muncul lagi tombol “Set Up”, klik tombol tersebut.
  3. Kemudian Klik tombol “Manage DNS” dan masukkan informasi Nameserver yang ada pada akun 000webhost anda. Lalu klik tombol “Set up”.

Setelah prosedur tersebut dilakukan, anda harua menunggu maksimal hingga 48 jam sampai nama domain tersebut terkait ke hosting yang digunakan.

Untuk memeriksa apakah nama domain tersebut sudah bisa diakses, cara paling mudah tentu saja dengan mengetikkan naam domain anda pada browser.

Tulisan ini dikutip dari buku yang berjudul “Punya Domain Sendiri itu Gampang” oleh Yahya Kurniawan, ST yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

*Reporter: Mustika Fitri