Logo Harlah ke 45 LPM Profesi UNM. Foto-Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar telah menginjak usia ke 45 tahun. Lembaga kuli tinta yang terbentuk pada 5 Mei 1976 ini tetap mengibarkan kiprahnya dengan mengedepankan nilai-nilai kritis secara dinamis.

Pergulatan panjang profesi masih terus bergelora. Walau dikelola oleh mahasiswa lembaga ini tidak mematok batasan arah atau kemasan yang dibawa baik itu hiburan pergekan hingga akademis. Demi menopang idealitas dan kerja kejurnalistikan. Berikut beberapa fakta menarik LPM Pofesi UNM.

1) Lembaga Pers Mahasiswa Tertua di UNM

Profesi adalah salah satu lembaga pers mahasiswa tertua di Sulawesi Selatan. Lembaga Pers yang berusia 45 tahun ini berdiri pada 5 Mei 1976.

2) Edisi Buletin Pertama Berjudul “Yang Karang dan Yang Menyerang”.

Stensilan edisi pertama buletin dengan nama Profesi ini kemudian terbit di tahun 1976. Membahas perjuangan mahasiswa kala itu menyuarakan haknya di kampus.

3) Hadirnya Profesi FM

Pada hari Ulang Tahun (HUT) Profesi ke 25, 5 Mei 2001 lalu, Karyadin cs meluncurkan Profesi FM. Saat itu, memang radio sedang booming di kalangan mahasiswa.

4) Merambah Online

Pada tahun 2007 LPM Profesi UNM meluncurkan profesiunm.com saat kepemimpinan Muhammad Aking dan Tri Yari Kurniawan. Muhammad Aking cs dapat mengkader para jurnalis muda seperti mantan redaktur Harian Sindo, Jumardin Akas dan editor Tribun Timur Online, Ilham Arsyam.

5) Berinovasi di Tabloid

Profesi pun memang banyak melakukan beberapa inovasi di tabloid di zaman Andi Azhar cs. Profesi meningkatkan halaman tabloid dari 8 menjadi 16 halaman, atau dua kali lipat. Azhar juga menghasilkan kader yang berkarier di jurnalistik seperti Jurnalis Tribun Timur, Hasim Arfah; Redaktur Rakyatku.com, Suriawati; mantan wartawan Tempo Rina Atmasari, jurnalis Fajar Syahrul Alim.(*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani