Calon mahasiswa baru saat mengikuti tes jalur mandiri di Auditorium Ammanagappa, Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Jalur Mandiri Universitas Negeri Makassar (UNM) telah dibuka hari ini, Rabu (5/5). Pada tahun 2021 seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui dua jalur yakni jalur ujian dan jalur prestasi.

Jalur ujian dilakukan dengan menggunakan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA). Jalur Prestasi diperuntukkan bagi yang memiliki prestasi berupa juara internasional/nasional bidang sains, olahraga dan/atau seni serta Hafidz Qur’an dengan menghafal minimal 15 Juz.

Pada tahun akademik 2021-2022 UNM menargetkan 8172 mahasiswa baru yang akan diterima di kampus orange tersebut. Salah satu jalur yang menjadi benteng pertahanan UNM ialah jalur mandiri.

Untuk itu, berikut jadwal penting pelaksanan jalur mandiri UNM.

  1. Pendaftaran pada 5 Mei hingga 28 Juni 2021.
  2. Bagi peserta yang memilih jalur ujian/tes. UTBK dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 7 Juli 2021.
  3. Bagi peserta yang memilih jalur prestasi. Verifikasi berkas prestasi dan/atau hafalan dilaksanakan pada 6 Juli 2021.
  4. Pengumuman hasil pada tanggal 12 Juli melalui laman http:// pengumuman.unm.ac.id
  5. Pendaftaran ulang bagi yang lulus pada tanggal 13 sampai 19 Juli 2021 melalui laman http://registrasi.unm.ac.id/mabaunm/

Terkait biaya pendaftaran yakni sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) untuk jalur Tes/Ujian UTBK dan Rp.200.000,- (dua ratus ribu) untuk jalur prestasi. Biaya pendaftaran dibayarkan di Bank Negara Indonesia (BNI). (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani