Massa Aksi penuhi depan Gedung Menara Pinisi UNM dalam aksi memperingati Hari Pendidikan Nasional, Minggu (2/5) (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar aksi dengan mengangkat isu utama “Stop Liberalisasi, Komersialisasi, dan Privatisasi Pendidikan”. Aksi tersebut digelar di depan Gedung Menara Pinisi UNM, Jalan A.P. Pettarani Kota Makassar, Minggu (2/5).

Humas Aliansi Mahasiswa UNM, Rahmat Ariyadi mengatakan bahwa kondisi pendidikan hari ini semakin memperlihatkan wujudnya yang tidak lagi menjadi pusat penyelenggara pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi.

“Berorientasi kepada permintaan pasar bukan untuk fokus sebagai penyelenggaran pendidikan kepada masyarakat terkhusus di Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Rahmat Ariyadi berharap agar isu tuntutan yang mereka bawa hari ini dapat mewujudkan Perguruan Tinggi yang demokrasi dan mengabdi kepada masyarakat khususnya bagi UNM.

“Tuntunan nasional yang kami angkat bisa direalisasikan terkhusus UNM dan dapat muwujudkan kampus yang ilmiah, demokrasi dan mengabdi kepada rakyat,” ungkapnya.

Beberapa Lembaga Kemahasiswaan (LK), tergabung dalam aksi tersebut untuk menyuarakan masalah-masalah di Perguruan Tinggi di Hari Pendidikan Nasional RI. (*)

*Reporter: Mustika Fitri