Mahasiswa UNM gelar Aksi Peringatan Hari Pendidikan Nasional RI, Minggu (2/5) - (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah aliansi mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seruan aksi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Hardiknas RI) di depan Gedung menara Pinisi UNM, Jalan Andi Pangeran Pettarani Kota Makassar, Minggu (2/5).

Isu utama yang diangkat pada aksi tersebut ialah “Stop Liberalisasi, Komersialisasi, dan Privatisasi Pendidikan”.

Isu tersebut diangkat karena timbulnya kesadaran para aktivis kampus yang merasa bahwa negara secara tidak langsung melepas tanggung jawabnya. Hal ini dikarenakan negara memberikan kewenangan kepada perguruan tinggi untuk mengatur atau mengurusi rumah tangganya secara mandiri.

“Masalah di perguruan tinggi, yaitu semakin liberalnya kampus dalam melakukan komersialisasi di sektor pendidikan,” kata Humas Aliansi UNM, Rahmat Ariyadi.

Dalam aksi tersebut juga membawa beberapa isu turunan yang dianggap menjadi masalah dalam perguruan tinggi hingga hari ini. Rahmat Ariyadi mengatakan, isu turunan yang diangkat hari ini saling berkaitan dengan grand isu pada aksi tersebut.

“Ini juga berkaitan tentang isu turunannya kawan-kawan soal cabut UUPT karena dasar dari adanya komersialisasi, privatisasi dan liberalisasi adanya regulasi tersebut,” ucapnya.

Adapun beberapa isu turunan pada aksi tersebut yakni:

  1. Cabut UUPT No. 12 Tahun 2012
  2. Amandemen Pasal 31 ayat 2 UUD 1945 dan tindak lanjut implementasi pasal 31 ayat 4 UUD 1945
  3. Tolak MB-KM
  4. Usut tuntas segala bentuk pelanggaran HAM dalam dunia pendidikan
  5. Keluarkan sektor pendidikan dalam perjanjian GATS
  6. Wujudkan kesejahteraan untuk tenaga pendidik
  7. Wujudkan kuliah tatap muka. (*)

*Reporter: Mustika Fitri