Rektor UNM, Husain Syam saat diwawancara terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021. (Foto: Fadhil Aqilah-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah rampung setelah dilaksanakan selama dua pekan, yakni gelombang pertama pada 12 hingga 18 April dan gelombang kedua pada 26 hingga 30 April.

UTBK SBMPTN di UNM kali ini diikuti oleh 15.886 peserta yang dibagi dalam 24 sesi.

Rektor UNM, Husain Syam menyampaikan rasa syukurnya karena UNM telah melaksanakan UTBK secara lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami bersyukur dan menghadirkan pers untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa UNM telah melaksanakan UTBK secara lancar. Karena itu terima kasih kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Eks Dekan Fakultas Teknik (FT) itu juga menuturkan bahwa jumlah mahasiswa yang akan diterima UNM di tahun akademik 2021-2022 sebanyak 8172.

“Itu angka yang saya ingat dan yang sudah kita laporkan ke panitia pusat. Tapi masih berpotensi untuk kemudian lebih kalau situasi mengondisikan itu,” tuturnya.

Husain Syam juga berujar bahwa kuota tahun ini harus terpenuhi karena jikalau tidak maka UNM akan rugi dalam operasional. Untuk itu jalur mandiri nantinya diistilahkan sebagai pertahanan benteng untuk mencukupkan.

“Ibaratnya kalo sudah take off pesawat lalu kursi kosong biaya operasional sama. Makanya saya bilang jalur mandiri itu adalah pertahanan benteng terakhir,” ujarnya.(*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani