Ilustrasi takut salah memilih jurusan - Foto. Int

PROFESI-UNM.COM – Masa peralihan dari masa sekolah menengah atas ke perguruan tinggi cukup membuat banyak siswa khawatir dan cemas, tak sedikit merasa penasaran dan senang di masa peralihan ini. Hal tersebut tak lain dan tak bukan akibat dari persiapan mereka dalam memilih jurusan. Dimana jurusan merupakan fondasi kita dalam melangkah kedepannya.

Tak jarang pula mahasiswa yang merasa berat dalam menjalani perkuliahan mereka akibat salah memilih jurusan. Lalu apa saja hal yang harus dilakukan sebelum kita memilih jurusan? berikut tips dan trik dalam memilih jurusan.

  1. Mengetahui minat, cita-cita, dan potensi diri
    Sebelum memilih jurusan, penting bagi kita untuk mengenali dan memahami tiga hal tersebut. Dengan mengetahui tiga hal tersebut, kita akan lebih fokus dalam memilih bidang studi.
  2. Pikirkan peluang kerja di masa depan
    Tak dapat dipungkiri bahwa dalam memilih jurusan sama saja dengan memilih peluang kerja di masa depan. Meski disetiap jurusan memiliki peluang kerjanya masing-masing, kita harus tetap memperhatikan peluang kerja dari setiap jurusan tersebut.
  3. Lakukan riset agar tak salah pilih
    Setalah memiliki beberapa pilihan jurusan yang diminati, kita bisa melakukan riset terlebih dahulu disetiap jurusannya sebagai informasi pendukung. Mulai dari biaya kuliah, akreditas, dan juga jalur karier kedepannya.
  4. Konsultasi
    Memilih jurusan memang merupakan pilihan kita, tapi bukan berarti kita tidak membuka ruang diskusi terhadap teman, guru, dan juga orang tua kita. Kita bisa mendengarkan saran dan pendapat mereka agar kita bisa lebih yakin lagi dalam memilih.

Itulah langkah-langkah yang harus kalian lakukan sebelum memilih jurusan agar tidka salah jurusan. Semoga dapat membantu kalian yang lagi pusing dalam memilih jurusan. (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid