PROFESI-UNM.COM – 17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Quran, malam turunnya Al-Qur’an untuk seluruh umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW, Hal tersebut kemudian diperingati Universitas Negeri Makassar (UNM) di Mesjid Nurul Ilmi UNM, Kamis (29/4).

Dalam Kegiatan ini turut hadir Rektor UNM, Husain Syam bersama dengan sejumlah Dekan dan pimpinan dalam lingkup UNM, peringatan malam Nuzul Quran ini juga menjadi penutup rangkaian acara Daurah 10 hari menghafal Al-Qur’an.

Rektor UNM, Husain Syam dalam sambutannya berpesan agar peringatan Nuzulul Quran tidak hanya sekedar momentum, tapi bagaimana mengamalkan nilai-nilai.

“Tidak terasa kita sudah berada pada malam ke 18 atau memperingati hari turunnya Al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an. Salah satu keutamaan dalam ramadhan dimana pertama kali diturunkan ayat suci Al-Qur’an,” ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya memperingati malam Nuzulul Qur’an adalah sebuah peristiwa yang luar biasa dalam pegangan hidup dan menjadi panutan mengobati kehidupan.

“Jadi Al-Qur’an tidak ada lagi keraguan didalamnya, karena itu memang rasanya wajib malam ini memperingati turunnya Al-Qur’an sebagai tuntunan pedoman hidup kita,” ujarnya.

Mantan Dekan Fakultas Teknik UNM ini juga menyampaikan rasa syukur karena tahun ini civitas akademika UNM bisa kembali melakukan kegiatan memperingati malam Nuzulul Qur’an.

“Jadi sangat berbeda dengan tahun lalu kita tidak bisa melakukan apapun di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kita tetap mematuhi protokol kesehatan supaya selalu dalam keadaan sehat beribadah,” tuturnya.(*)

*Reporter: Nuraisna Ramadani