Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat membawakan sosialisasi pertukaran mahasiswa merdeka - Foto. Int

PROFESI-UNM.COM – Program pertukaran mahasiswa merdeka adalah salah satu program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim bagi mahasiswa semester 3 hingga akhir.

Sumber pembiayaan program ini berasal dari LPDP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I dan juga bisa bersumber dari kampus pengirim, kampus penerima, kampus mitra dan sumber pendanaan lain yang tidak mengikat.

Adapun rincian fasilitas yang akan kamu peroleh jika mengikuti program ini, yaitu:

  1. Bantuan langsung kepada mahasiswa
    a. Bantuan biaya transportasi tiket pesawat (kelas ekonomi) dan kereta (maksimum kelas eksekutif) dari lokasi perguruan tinggi pengirim ke perguruan tinggi penerima pulang-pergi (at cost).
    b. Bantuan biaya rapid antigen sebanyak 2 kali (pergi dan pulang), sebesar Rp 250.000 untuk satu kali perjalanan yang membutuhkan hasil tes rapid antigen (at cost).
    c. Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 2.400.000 dengan ketentuan
    • Jika biaya UKT melebihi Rp 2.400.000, maka yang dibayarkan hanya sebesar Rp 2.400.000.
    • Jika biaya UKT di bawah Rp 2.400.000 maka biaya yang dibayarkan sebesar biaya UKT mahasiswa yang bersangkutan.
    • Penerima beasiswa dari negara seperti Kartu Indonesia Pintar dan lain-lain, maka tidak akan menerima bantuan UKT.
    d. Bantuan biaya hidup selama 4 bulan efektif kegiatan, diberikan Rp 700.000 per mahasiswa per bulan. Penerima beasiswa dari negara seperti Kartu Indonesia Pintar dan lain-lain, maka tidak akan menerima bantuan biaya hidup.
    e. Bantuan biaya akomodasi selama 4 bulan efektif kegiatan, diberikan Rp 500.000 per mahasiswa per bulan.
    f. Bantuan biaya pulsa untuk mahasiswa sebesar Rp 800.000 selama satu semester (akan diberikan jika bantuan kebijakan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak diberikan).
  2. Pembiayaan ditingkat perguruan tinggi dari perguruan tinggi langsung
    a. Bantuan biaya untuk dosen pengampu mata kuliah daring dalam pengembangan Modul Pembelajaran, sebesar Rp 2.000.000 per mata kuliah (tim dosen).
    b. Bantuan biaya untuk dosen pembimbing modul nusantara dalam pembuatan dan pelaksanaan modul nusantara selama 4 bulan efektif kegiatan, sebesar Rp 2.400.000 per bulan.
    c. Bantuan biaya untuk mentor kegiatan modul nusantara selama 4 bulan efektif kegiatan, sebesar Rp 700.000 per bulan.
    d. Biaya pengelolaan perguruan tinggi peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, sebesar 10% dari total biaya yang tertulis dikontrak program pertukaran mahasiswa merdeka dengan perguruan tinggi yang bersangkutan.

Link pendaftaran: http://bit.ly/PertukaranMahasiswaMerdeka (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani