Tim Dosen FIS-UNM Bersama LP2M UNM Gelar Pelatihan Pencegahan Penyebaran Covid-19. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Tim dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar (LP2M-UNM) melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Pondok Pesantren Puteri Ummum Mukminin (PPPUM) Aisyah Sewilayah Sulawesi Selatan untuk Pencegahan Penyebaran Covid- 19“.

Program yang dilaksanakan pada Bulan Mei hingga September 2020 ini diketuai oleh Andi Kasmawati dari FIS UNM dan beberapa anggota tim lainnya yaitu Bakhrani A. Rauf dari Fakultas Teknik (FT) UNM, Lu’mu Taris dari FT UNM dan Mantasia dari Fakultas Bahasa dan Sastra UNM.

Dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, Pembina dan santri Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiah Wilayah Sulawesi Selatan mendapatkan pelatihan berupa teknik pencegahan virus Covid-19 dan teknik penggunaan alat cuci tangan dan alat pelindung diri.

Hasil evaluasi pada akhir pelatihan ini, ditemukan bahwa 92% peserta telah mengetahui tentang teknik pencegahan penularan Covid-19, khususnya cara menggunakan alat cuci tangan dan teknik mencuci tangan yang baik dan benar. Selanjutnya 8% peserta lainnya belum memahami betul bagaimana teknik-teknik pencegahan penularan Covid-19 itu.

Ditemukan pula sebanyak 85% peserta memahami dengan baik materi yang disajikan oleh pelatih dan ada 15% peserta belum memahami secara baik materi yang disajikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah waktu yang sangat terbatas. (*)

*Reporter: Fahmi Usta Wardani Bahtiar